Blogtour : Remuk Redam - Review Novel

16.06


BLOGTOUR-REVIEW NOVEL-PHOTO CHALLENGE
REMUK REDAM

Penulis             : Christian Simamora
Editor              : Rinandi Dinanta
Desainer Sampul: Ade Ismiati Hakimah
Penata Letak   : Ade Ismiati Hakimah
Penerbit          : Roro Raya Sejahtera
Tebal Buku      : 376 halaman
Tahun Terbit   : 2018
ISBN                 : 978-602-51290-0-1
Harga              : Rp  91,000



JATUH CINTALAH... TAPI JANGAN KAU SAMPAI MENCINTAINYA.

Jatuh cinta itu gampang.
Kau bahkan tak perlu alasan untuk merasakannya di dalam dirimu.
Menghangatkan jantungmu. Membuatmu tersipu.
Sedangkan mencintai, itu perkara yang lain lagi.
Kau dituntut untuk beradaptasi dan memahami. Berkorban dan mengampuni.
Dan setelah semuanya dilakukan pun, belum tentu juga cintamu akan berbuah baik.
Seringnya, kau kembali sendirian dan merasa jauh lebih buruk daripada sebelumnya.
Jadi, pesanku: jatuh cintalah... tapi jangan kau sampai mencintainya.
Kau mungkin jauh lebih bahagia.
***

Gawat! Gentleman 1995 terancam gulung tikar.
Kondisi butiknya makin terpuruk. Penjualan online maupun offline terus menurun.  Olivia tidak akan rela jika usaha impian yang ia rintis sendiri, pada akhirnya akan berakhir begitu saja. Oli tidak akan menyerah, ia harus melakukan sesuatu!

Berawal dari obrolannya dengan Fendi, sahabatnya, Olivia akhirnya memutuskan untuk menjalankan strategi baru untuk mempromosikan butiknya. Memacari seorang influencer agar tidak mengeluarkan biaya promosi tambahan. Pilihannya jatuh pada sosok selebgram sekaligus youtuber hits, Mahir Siregar.

Namun, idenya itu salah sasaran. Olivia justru didekati oleh Lucas Princeton Wolff, vokalis band Expectation yang juga sahabat Mahir Siregar. Keadaan ini benar-benar diluar dugaan Olivia. Luc, cowok itu benar-benar berbahaya! Luc bisa saja menggagalkan strategi a collaboration in the name of love yang direncanakan Oli untuk Mahir.  Ketika Luc terus menerus menggoda, berhasilkah Oli menjalankan misinya tanpa harus jatuh cinta?
***



 “What are we doing, Luc? We’re not in a relationship but we act like we are exclusive.” –halaman iii

Novel ini punya tema standar, tapi eksekusinya gahar! Sebenarnya kisah cinta Oli dan Luc klise ya. Walaupun semuanya serba kilat, kedekatan mereka yang intens membuat chemistry Luc dan Oli sangat kuat. Entah kenapa pasangan ini membawa aura positif. Konfliknya juga muncul hampir di halaman-halaman terakhir. Meskipun begitu, aku sangat menikmati novel ini. Selalu suka dengan gaya khas Babang pas nulis, asyik dan nyaman dibaca.

“Influencer  memiliki pengaruh yang sama kuatnya dengan selebritas, para follower memiliki kecenderungan untuk membeli dan menggunakan produk-produk yang mereka rekomendasikan di salah satu post Instagram atau vlog Youtube mereka.” –halaman 13
Menurutku, ide ceritanya menarik dan sangat dekat dengan pembaca. Sesuatu yang “kekinian” di era digital seperti keberadaan influencer, youtuber dan sejenisnya serta fashion yang seolah nggak ada matinya. Aku salut dengan Babang, risetnya total banget tentang dunia promosi digital dan segala hal tentang manswear, khususnya Dandyism. Aku yang agak asing dengan segala hal tentang fashion jadi dapet banyak info baru.

“Gue tahu betul poin-poin penting penampilan dandy. Tailored- itu pasti. Pakaian dandy harus berpotongan rapi, elegan dan bersih” –halaman 145
Suka dengan karakter Olivia, sosok pengusaha muda yang kreatif. Semangatnya di bidang bisnis wajib ditiru nih. Passionate banget sama dunia fashion utamanya manswear, dandyism. Tipikal cewek yang mandiri, nggak mau dikasihani, jutek-jutek gemesin-lah. Oli punya banyak track record jadian tapi selalu menyangkal untuk jatuh cinta.
 Love doesn’t guarantee happiness. Jadi jatuh cintalah.. tapi jangan tergoda untuk mencintainya. Jaga baik-baik hatimu..” –halaman 68
Aku punya pemikiran yang sama seperti Oli. Luc is not my type anymore, but I really fallin love with him. Aku kurang menangkap kesan badboy nya Luc sih. Meskipun seorang rocker, urakan, tatoan, tapi nggak selalu dalam artian negatif.  Aku suka caranya nyemangatin Oli, tindakan-tindakan sederhana yang membawa perubahan positif bagi Oli dan Gentlemen 1995. Kalau kenal Luc, dijamin makin kenal makin sayang. Susah buat nolak pesonanya. Susah nolak nekat dan niatnya.

“Gue bisa jamin ini : untuk cewek yang tepat, gue mau kok commit dan menjalani hubungan dengan setia seperti yang dia mau.” – halaman 74
Lebih dari sekedar cinta, novel ini banyak bicara tentang passion terhadap sesuatu dan upaya kita dalam mewujudkan mimpi. Gimana caranya ngatur strategi, gimana caranya kita branding produk biar laku dipasaran, gimana caranya bertahan dengan memanfaatkan potensi yang kita punya. Terbukalah untuk setiap kesempatan, meskipun kadang di luar dugaan.

Aku masih menemukan beberapa kesalahan penulisan, serta penulisan nama yang tidak konsisten. Sebenarnya namanya Adim itu Risyad atau Rasyid? Selebihnya keren! Selalu jatuh cinta sama novel Babang! Novel ini disarankan untuk pembaca usia 21+ karena ada beberapa hal yang masih dianggap tabu. Selain itu, juga banyak yang hot-hot hihii~

Oya, Novel ini merupakan salah satu hasil proyek menulis novel bertema rock dari Roro Raya Sejahtera. Di novel ini, ada lirik-lirik lagu Expectation yang keren. Usul dong, kalau bisa dinyanyikan dan dibikin demo album gitu dong. Serius penasaran sama suara seraknya Luc!  Tapi sebelum itu bisa dengerin playlist yang disiapin Babang buat nemenin kamu baca Remuk Redam. Selamat jatuh cinta, sexyreaders!

“I’m tired of this game. I don’t want to play it anymore.  Heart aren’t toys and our feelings aren’t playgrounds.” –halaman 342.



Saatnya memenuhi tantangan Photo Challenge. Kali ini tantangannya berpose menirukan gaya ala-ala penyanyi papan atas yang lagi show. Here we go! 



You Might Also Like

4 komentar

  1. "Lebih dari sekedar cinta, novel ini banyak bicara tentang passion terhadap sesuatu dan upaya kita dalam mewujudkan mimpi"

    Selalu suka side story-nya Bang Ino di luar romancenya. Pasti gak kalah detail :)

    BalasHapus
  2. Suara Luc serak?
    Pakai basah gak nih? 😍

    BalasHapus
  3. Aku suka judulnya... Sesuai dengan isi hatiku saat ini... Aku juga suka isinya... Aku juga suka covernya... Mantaapp

    BalasHapus
  4. Aku penasaran banget sama kisah cinta Oli dan Luc, apakah kisah mereka berbeda dengan kisah cinta tokoh sejoli di buku bang ino lainnya.. Baik cara mereka bertemu, rintangan selama menjalani hubungan maupun kisah akhirnya😍

    BalasHapus