Review Novel : Mine

10.47


Mine

Penulis                 : Gia (@gialogica)
Editor                    : Tim editor fiksi
Desainer Sampul: Aqsho Zulhida
Penerbit              : Penerbit Grasindo
Tahun Terbit      : 2018
Tebal Buku          : 294 halaman




Blurb :
Ada dua alasan yang membuat Mauren Angela memaksa Vasco Mercher untuk menjalani hubungan mereka dengan cara backstreet. Pertama, Vasco adalah cowok populer dan Mauren berpikir dengan backstreet tidak akan ada yang mengganggu hubungan mereka. Kedua, Mauren belum siap menghadapi penggemar Vasco yang mungkin tidak terima jika mereka berpacaran.

Namun alasan Mauren yang sebenarnya adalah ia memiliki misi rahasia yang menjadikan Vasco sebagai target utamanya. Misi rahasia yang tanpa disadarinya, perlahan mengancam kelanjutan hubungannya dengan Vasco.
***

“Kamu harus janji nggak boleh kasih tau siapa pun dulu kalau kita pacaran..” –halaman 65
Berawal dari pertemuan mereka di toko buku, Vasco menggunakan cara unik untuk melakukan pendekatan dengan Mauren. Meski awalnya menemui sedikit kendala, akhirnya Vasco dan Mauren yang sama-sama jatuh cinta, sepakat untuk berpacaran secara backstreet.

Sejak Mauren jadi satu sekolah dengan Vasco, kehidupan backstreet mereka makin berwarna. Banyak hal yang membuat Mauren berusaha mempertahankan hubungan mereka yang diketahui oleh orang terdekat saja. Hubungan mereka makin lama, makin rumit! Banyak spekulasi yang muncul dan kesalahpahaman yang terjadi diantara mereka berdua. Berhasilkah mereka bertahan atau justru bubar tengah jalan? Apakah misi rahasia Mauren akan terwujud?
***
“Aku punya misi rahasia yang mengharuskan kita tetap backstreet.” –halaman 75

Ini pertama kalinya, aku baca tulisan kak Gia. Senang banget bisa kenalan dengan beliau melalui tulisannya. Novel ini based on wattpad. Sebelumnya draft novel ini pernah terbit dengan judul yang sama. Mungkin ada yang udah pernah baca? Aku bukan pembaca aktif di wattpad, review ini pure dari novel Mine versi yang udah terbit. Dari pembaca yang udah pernah baca kedua versinya bilang katanya novel Mine yang diterbitkan oleh Grasindo ini berbeda dengan yang dipublikasikan di wattpad.

Kisah di novel ini relate, banyak dialami oleh remaja yang beranjak dewasa. Ceritanya seputar kehidupan sekolah dan hubungan pertemanan. Nggak jauh-jauh juga dari sikap remaja yang kadang masih labil dan emosional sehingga memunculkan kenakalan khas remaja. Yang pasti, juga ada pengalaman tentang adanya ketertarikan dengan lawan jenis yang membuat masa remaja menjadi lebih berwarna. Di novel ini, kak Gia menghadirkan semua itu dan dikemas dengan menarik.

Pasti pernah kan ngerasa tertarik, nyoba untuk pedekate, eh ternyata nyaman dan dia juga punya perasaan yang sama. Akhirnya jadian meskipun ada beberapa orang yang memilih untuk menyembunyikannya dengan alasan tertentu. Aku yakin semua orang pernah punya pengalaman kayak gini. Keputusan backstreet emang bikin dilema sih. Disatu sisi bisa menyelamatkan diri kita dan pasangan, istilahnya keputusan ini adalah keputusan terbaik untuk saat itu. Disisi lain, kita juga sering makan hati karena dihadapan publik kita nggak ada ‘hak milik’ dari si pacar wkwk..

“Aku nggak masalah backstreet sama kamu. Tapi aku minta kamu untuk jaga diri dari cowok lain. Jaga perasaan aku.”-halaman 135

Novel ini diceritakan dari POV3. Alur ceritanya maju, dan diceritakan dalam rentang waktu yang cukup panjang. Di awal alurnya cepat, tapi menjelang pertengahan buku jadi agak lambat. Bisa dikatakan nggak ada konflik berarti yang biasanya diciptakan oleh tokoh antagonis. Konfliknya ada pada keyakinan tokoh-tokoh utamanya. Aku penasaran banget dengan ‘misi rahasia’ Mauren. Saat baca aku berusaha menemukan clue dan menebak-nebak, tapi nggak berhasil. Endingnya nggak bisa ketebak, misi Mauren diluar dugaanku. Sebenarnya aku masih penasaran, eksekusinya belum membuatku puas karena menurutku bisa lebih greget dari itu.

“Dengerin aku. Semuanya akan baik-baik aja kalau kamu bisa kurangi sedikit aja rasa cemburu dan pikiran buruk kamu itu. Kamu tahu ini cuma sementara. Aku juga nggak mau selamanya kayak gini. Aku cuma nunggu waktu yang tepat untuk publikasi.”-halaman 136

Karakter tokoh-tokohnya loveable.  Vasco, cowok yang bikin banyak cewek jatuh cinta, sekaligus patah hati. Mauren, si kutu buku yang cantik dan pintar. Moscar, kakak yang penyayang dan cenderung protektif. Chemistry antara Mauren dan Vasco dapet banget. Mereka sweet dengan caranya sendiri. Satu yang favorit sih pastinya si Vasco Mercher. Susah deh nggak jatuh cinta. Dia tipikal cowok idaman kebanyakan; ganteng, kaya, populer dan punya banyak penggemar. Tapi juga nggak too good to be true, karena karakternya juga kadang emosional dan nggak romantis. Vasco ini susah ditebak, dia punya banyak akal dan cara yang unik. Pengertian dan sayangnya ke Mauren, itulooh!

Menurutku juga terlalu banyak muncul karakter pendukung, sehingga ceritanya juga agak meluas dan banyak rahasia serupa antara mereka. Tapi selain itu semua, aku suka dengan ceritanya. Dari segi penulisan, aku masih menemui beberapa kata yang tercetak tanpa spasi, tapi tidak mengurangi kenyamanan saat membaca.

Komunikasi, komitmen dan sikap pengertian satu sama lain jadi poin utama dalam kesuksesan hubungan diam-diam. Bukan nggak mungkin kalau dalam perjalanannya, hubungan begini menjadi rumit dan nggak sehat lagi. Makanya perlu kedewasaan dari dua belah pihak. Cinta tidak bisa dipendam selamanya. Cinta akan terungkap pada waktu yang tepat, karena sejatinya cinta sebaiknya ditunjukkan secara nyata.

“Semua waktu bisa jadi tepat dan semua waktu bisa jadi salah. Tergantung apa hasilnya. Membaik atau memburuk”-halaman 200

Novel ini menghadikan kisah yang manis, bisa dinikmati para remaja usia 15 tahun keatas atau yang pengin nostalgia ke masa-masa cinta monyet saat sekolah. Aku rekomendasikan novel ini untuk mereka pejuang-pejuang backstreet. Mauren dan Vasco adalah couple goals! Kalian harus kuat kayak mereka. Ingat ya, nggak ada misi rahasia kalau mau hubungan kamu langgeng bersamanya.


You Might Also Like

1 komentar