My Book-perience in 2016

05.37

MY BOOK-PERIENCE IN 2016


Tahun 2016 bisa dikatakan tahun dimana perkembanganku terkait buku cukup pesat. Genre bacaan tahun ini masih di dominasi oleh novel-novel romance. Walaupun buat target 50 buku di Goodreads, ternyata aku tidak bisa tertib mengupdate bacaan. Biasanya sekali buka aplikasi langsung pindah buku ke shelf read, ngisi rating atau mini review. Lemah di dokumentasi nih. Sepertinya buku yang aku baca tahun ini lebih dari target sih, nggak hitung jumlah pastinya. Bacaannya juga beragam, lebih banyak kenalan sama penulis baru yang mengawali karir menulis lewat wattpad. Nyoba baca beberapa karya penulis yang belum pernah aku baca misalnya Mitch Albom-The Time Keeper, Rina Suryakusuma-Falling, Ika Natassa-Critical Eleven dan The Architecture of Love, Ruth Precilla Angelina- Forever Monday. Ini sih, termasuk novel-novel yang berkesan selama 2016.

Selain baca buku fisik, tahun ini juga mulai kenal dengan aplikasi yang menyediakan atau meminjamkan e-book. Jadi sekarang semuanya praktis, bisa baca kapan aja dan dimana aja. Paling suka pakai aplikasi I-Jak sih, banyak buku yang sebelumnya jadi wishlist akhirnya bisa pinjem dan baca. Aku menemukan banyak buku-buku Prisca Primasari, Ika Natassa, Stephanie Zen, John Green, Esti Kinasih, dan Eka Kurniawan yang terbit beberapa tahun lalu. Sejak buat akun hingga saat ini sudah pinjem sebanyak 29 buku. Beberapa buku aku pinjem beberapa kali entah karena nggak selesai baca dalam 3 hari atau ceritanya bagus jadi dipinjam ulang lagi. Lewat I-Jak pernah juga ikutan #ReadingChallenge tapi memang belum beruntung jadi pemenang, tapi senang bisa ikut meramaikan sekaligus belajar ngereview.

Tahun ini masih berusaha untuk sering mengisi blog (yang katanya akan jadi blog buku). Gimana mau jadi blog buku kalau postingan review masih angin-anginan? Haha.. Hingga akhir bulan ini ada total 13 review yang udah di posting di blog ini. Sempat nggak update di beberapa bulan sih tapi anggap aja satu bulan satu review. Semoga kecepatan membaca dan niat berbagi review bacaan berbanding lurus di tahun 2017. Kabar baiknya adalah, di tahun 2016 ini aku mendapat kesempatan dan kepercayaan untuk ikut menjadi host blogtour yang akan dilaksanakan di awal tahun 2017. Naik satu level dari yang cuma jadi peserta blogtour aja. Big thanks buat Mbak Kezia Evi Wiadji, kak Princess aka Asri Rahayu dan Mbak Rizky Mirgawati.

Oya, tahun ini juga aku bertemu dengan tiga orang penulis dalam acara talkshow yang diadakan di kota Malang. Di tanggal 20 Juni 2016 bertemu dengan Wulanfadi dan Radin Azkia, penulis muda yang mengawali kariernya lewat aplikasi wattpad dan akhirnya menerbitkan karyanya di penerbit mayor. Dalam acara talkshow #MainFiksi bersama Bukune ini mereka berbagi pengalaman menulis novel dan bercerita tentang perkembangan Wattpad yang sangat pesat di tahun 2016. Di tanggal 9 Oktober 2016 juga ketemu dengan Bang Bara (masih ingatkah? Hehe..) Setelah tidak bisa bertemu di acara talkshow buku Jatuh Cinta adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri, akhirnya bisa juga ikut di acara talkshow Buku Kumpulan Cerpen Terbarunya, Metafora Padma. Senengnya kalau udah ikut acara kayak gini adalah bisa ngobrol tentang buku langsung dengan penulisnya, bisa tahu proses kreatif sebelum buku itu muncul di toko offline/online dan pastinya dapet menimba ilmu soal dunia kepenulisan.


Harapanku, di tahun 2017 semoga bisa terus membaca dan mengapresiasi karya penulis. Bila perlu ikut nerbitin buku juga. Semoga bisa membabat habis timbunan yang masih tersisa di tahun ini. Semoga nggak sering-sering kepingin nambah koleksi buku dan ngeluh kekurangan bacaan padahal masih banyak buku yang belum dibaca. Semoga bisa ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan semacam blogtour agar bisa berbagi sekaligus ikut menyebarkan semangat membaca ^^

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wihhh... keren nih bisa jadi host blogtour n giveaway..
    Selamat ya kak.. :)

    Mmm... aku baru tahu ada penulis yg memulai karirnya lewat wattpad dan akhirnya bisa nerbitin novel.. keren ya! :)

    #SalamSapa

    BalasHapus