Review Novel : The Rising Star

08.54

THE RISING STAR

Penulis : Angelique Puspadewi
Editor : Husfani Putri
Ilustrator         : HevnGrafix.com
Penerbit         : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2015
Tebal Buku : 232 halaman
ISBN : 978-602-03-1385-6



Sebagai artis junior, Alexa diminta terlibat dalam rekayasa untuk menaikkan pamor Juna, artis menyebalkan dan sok ganteng yang sama-sama bernaung di RR Production. Tidak tanggung-tanggung, mereka akan menciptakan skandal. Rumornya Alexa ketahuan hamil dengan Juna padahal dia sudah bertunangan dengan Bara, caleg yang butuh pemberitaan sensasional agar semakin dikenal masyarakat. Jika ini berhasil bukan hanya pamor Juna dan Bara yang akan melambung, tapi nama Alexa juga akan bersinar. Mereka bertiga akan menjadi The Rising Star.

Skenario yang dijalankan nyaris sempurna, hingga sandungan kecil mengacaukan semuanya. Setelah hangout sampai teler berat di pub dan terbangun di kamar hotel, Alexa mengalami gejala yang dialami oleh perempuan yang sungguhan hamil! Sialnya, Alex tidak tahu dengan siapa ia tidur malam itu.

Adegan demi adegan yang mereka jalani ternyata malah membuat Juna dan Bara menyukai Alexa. Mereka sama-sama memberi perharian pada Alexa dan berusaha memperebutkan cinta gadis itu. Namun, ternyata diam-diam sebenarnya hati Alexa sudah ditambatkan pada pria yang terlarang untuk ia cintai.
***
“Ya. Untuk menjadi terkenal, harus ada yang dikorbankan.” –hlmn. 21

Kita sering mendengar tentang skandal para pelaku hiburan di tanah air kan? Bahkan tidak jarang sangat mirip dengan yang dilakukan oleh Juna-Alexa-Bara. Melalui novel ini, kita jadi paham tentang seluk beluk dunia keartisan. Banyak drama para artis dan public figure yang biasanya hanyalah settingan semata. Drama tersebut terencana dan berskenario yang disiapkan oleh manajement artis tempat mereka bernaung. Segala upaya mereka lakukan untuk menunjukkan diri dan meningkatkan pamor demi mempertahankan eksistensi. Tidak hanya dengan karya yang mereka hasilkan tetapi juga melalui berbagai kejadian dalam kehidupan pribadi mereka diluar layar yang selalu menjadi hal menarik bagi para fans dan pewarta hiburan. Namun terkadang, banyak yang menutup mata akan hal-hal yang tidak terlihat di balik layar, yang melatarbelakangi adanya skandal tersebut.

Diluar dari kehidupan keartisannya, Alexa juga sama seperti orang biasa pada umumnya. Ia punya berbagai masalah dalam hidupnya. Tidak hanya tentang krisis keuangan keluarga, tapi juga tentang konflik percintaan. Alexa hidup bersama Papa dan Arya, kakak angkatnya. Sejak Papanya sakit dan tidak produktif bekerja, Alexa ikut turun tangan untuk membantu ekonomi keluarganya. Bergabung di RR Manajemen dan menjadi artis junior bukanlah impiannya. Tapi lambat laun, ia menyadari bahwa ia menjadi artis bukan hanya karena karena uang. Meskipun banyak resiko, tapi juga banyak hal yang harus dikorbankan. 

Diceritakan dari POV3. Alurnya cepat dan sangat padat. Tokoh favoritku adalah Alexa. Meskipun pembangkang dan keras kepala, tapi cewek ini tipikal wanita yang penyayang, tangguh dan pantang menyerah. Nggak heran kalau ia jadi sosok yang loveable sehingga banyak yang diam-diam menaruh hati karena sikapnya yang berani dan totalitas. Selain Alexa, Juna dan Bara, aku awalnya berpikir akan ada konflik di luar skandal yang greget tapi ternyata cukup. Nggak ada tokoh antagonis. Juna dan Bara punya pesona masing-masing yang nggak bisa ditolak. Aku juga nggak bisa benci sama Winona dan nggak bisa cukup benci sama Olivia hihi..

Awalnya aku sempat mengira jika gejala yang dialami Alexa akan ‘mengurangi’ novel ini. Orang yang terlibat dalam kejadian di pub juga mudah ditebak. Tapi untungnya berhasil diselamatkan oleh twist cerdas yang sama sekali tidak terpikirkan olehku. Melalui pemahaman penulis yang memiliki latar belakang pendidikan di dunia kedokteran, tidak susah untuk menyajikan twist terkait dengan kesehatan. Menghadirkan kisah yang tidak biasa dan pembahasan yang detail membuat tidak ada celah yang membuat cerita novel ini menjadi janggal.

Apakah kisah ini berakhir bahagia? Belum tentu. Jika sebagai novel tunggal, tentu saja drama skandal Alexa-Juna-Bara bisa dikatakan selesai. Kelanjutan kisah Alexa-Juna dan tokoh-tokoh lainnya bisa diketahui di buku sekuel novel ini yang berjudul No One But You yang diterbitkan self published oleh penulis melalui nulisbuku.com di tahun yang sama. Jangan sampai melewatkan kisah mereka yaa! 

“Kuasumsikan, dalam memilih pendamping pertimbangkan semua itu. Aku tidak mengatakan semua pilihan orangtua tepat. Aku hanya menganalisis, jika kita berniat membahagiakan orangtua dengan pilihannya, maka Tuhan juga akan membahagiakan kita. Toh, tidak ada satu orangtua pun yang ingin anaknya menderita.” –hlmn. 201

You Might Also Like

0 komentar