Review Novel : Then I Hate You So

03.38

Then I Hate You So




Penulis             : Andry Setiawan
Penyunting      : Tia Widiana
Desain Cover  : Dedy Andrianto
Ilustrasi Isi      : Tomoyuki Nokui
Penerbit           : Penerbit Haru
Tahun Terbit    : 2012
Tebal Buku      : 319 Halaman


Suatu malam aku menyadari bahwa aku tidak bisa hidup tanpamu..
Saat aku menyadari hal itu, kau tiba-tiba menghilang..

            Semuanya berawal dari bencana tsunami yang mengguncang Jepang. Itoyama Luca mengira sudah memiliki segalanya. Kepintaran, karir yang sukses bahkan tampang yang keren. Tapi semuanya seolah tidak berarti setelah bencana itu. Kekacauan di Jepang membuat perasaan yang sempat menghilang muncul kembali. Dan takdir pun menuntunnya menyelesaikan perasaan anehnya itu.
     Han Naran, model cantik yang wajahnya mengiasi papan iklan Korea itu berhasil menyembunyikan isi hatinya selama tujuh tahun. Bencana alam Jepang membuat perasaan itu bangkit kembali dan malah semakin menggebu.
***

            Jika bercerita cita rasa, novel ini seperti novel terjemahan dari Penerbit Haru yang lainnya. Padahal sebenarnya novel ini ditulis oleh penulis Indonesia. Pengalaman beliau tinggal beberapa tahun di Jepang, pengalaman mengalami gempa serta merasakan kekacauan setelah kejadian itu membuat novel ini terasa sangat nyata. Meski alurnya agak lambat di awal-awal bab, tapi akhirnya mulai ‘greget’ setelah ada bab flashback. Ceritanya cukup mudah ditebak, tapi ada twist tidak terduga yang dibuat oleh penulis. Hanya saja aku masih belum sepenuhnya memahami, kenapa Naran bersikap ketakutan pada Luca pada awalnya?
            Novel ini tidak sepenuhnya menggunakan setting Negara Jepang tetapi juga Negara Korea Selatan. Penggambaran deskripsinya kuat, termasuk dengan bahasa yang digunakan, dilengkapi dengan footnote. Penggembaran pekerjaan Naran sudah cukup bagus, tapi pekerjaan Luca sepertinya perlu dieksplor lebih banyak lagi. Dalam penulisan, masih ada beberapa kesalahan penulisan maupun inkonsistensi penggunaan nama tokoh. Nama Luca Itoyama sering dituliskan terbalik. Pada bab terakhir yang sudah menggunakan nama Nana, masih sering dituliskan dengan nama Naran.

            Covernya yang manis serta kisah tentang masa lalu, cinta dan dendam jadi daya tarik utama novel ini. Kisahnya yang sederhana digambarkan dengan apik. Pecinta drama Korea atau Jepang pasti sangat menikmati kisah Luca dan Naran ini. Tiga bintang untuk perkenalan pertamaku dengan karya kak Andry ini. Then I Hate You So merupakan novel pertama yang ditulis oleh Kak Andry. Karya beliau lainnya adalah Ojou! (2013), When The Star Falls (2015) dan Sayap-Sayap Kecil (2015).

You Might Also Like

0 komentar