Review Novel : You Are Invited

08.15



YOU ARE INVITED

Penulis                                   : Kezia Evi Wiadji
Penerbit                                 : PT. Grasindo
Editor                                     : Anin Patrajuangga
Desain Cover dan Ilustrasi  : Ni Made Adenari
Penata Isi                              : Lisa Fajar Riana
Tahun Terbit                           : 2014
Tebal Buku                            : 210 halaman


            Stacy Tanu dan John Edward berencana melangsungkan pesta pernikahan. Selain mengundang 400 tamu, juga enam orang yang mempunyai hubungan sangat special dengan kedua calon mempelai. Mereka adalah Dina, Ben, Lyla, Sonia, Edo dan James.
            Beberapa minggu menjelang pesta pernikahan itu, masalah demi masalah silih berganti menghampiri mereka. Dapatkah mereka bergabung dengan tamu undangan lain untuk merayakan pesta pernikahan Stacy dan John?
***
            You Are Invited adalah salah satu novel romance yang ditulis oleh Kezia Evi Wiadji. Naskah novel ini terpilih pada ajang Publisher Searching For Author kedua yang diadakan oleh Penerbit Grasindo dengan tema “Naskah Rasa Indonesia”. Sesuai dengan temanya yang berasa Indonesia, melalui novel ini pembaca akan diajak mengelilingi Indonesia dari Jakarta, Bali, Pekanbaru, Solo, Bandung, Batam dan Medan bersama tokoh-tokohnya yang memiliki cerita unik tersendiri.
            Cerita berawal dari kisah menjelang pernikahan antara Stacy dan John yang membuat pembaca menjadi sangat iri dengan romantisme pasangan ini. Stacy dan John berencana untuk mengundang saudara dan sahabat-sahabatnya, tidak terkecuali Ben dan Dina, sang mantan dari kedua mempelai. Dalam novel ini diceritakan juga tentang kisah percintaan masa lalu mereka dengan sang calon mempelai.
            Novel ini cukup apik karena perpindahan dari satu tokoh ke tokoh yang lainnya tidak terlalu membingungkan. Walaupun pada cerita Dina, Sonia dan Edo saya harus membolak-balikkan halaman untuk memahami alur yang diceritakan dengan alur maju mundur. Tapi secara keseluruhan, cerita dari ketujuh tokoh utama di novel ini bisa diikuti dengan baik.
Menurut saya, pemilihan nama yang dipilih oleh penulis perlu diperhatikan lagi karena dibuat hampir mirip sehingga berpotensi membuat pembaca bingung. Misalnya tokoh Dina yaitu mantan kekasih John, sahabat Dina yang bernama Lina dan mantan kekasih Cello yang bernama Linda (Apakah Linda yang dimaksud pada cerita Maria adalah tokoh yang sama?). Ada pula tokoh yang diceritakan bernama Didi yaitu kekasih Lina dan Dodo yaitu kekasih Lyla, walaupun mereka hanya berperan sebagai figuran.
Tokoh dalam novel ini yang paling membuat saya jatuh cinta adalah tokoh Ben, mantan kekasih Stacy. Sosok lelaki pecinta touring yang akhirnya jatuh cinta pada Princille, seorang gadis yang ia selamatkan dari percobaan perkosaan. Gadis istimewa yang mampu membuat Ben mencintainya dengan luar biasa. So Sweet :3
Dari segi penulisan, mungkin perlu lebih banyak dikoreksi lagi karena ada beberapa kalimat yang spasinya tidak ditempatkan pada mestinya misalnya “Longga” semestinya “ Lo ngga” dsb atau sebuah kalimat yang tidak dipisahkan dengan spasi antar katanya.
 Hidup itu berawal dari huruf B dan berakhir di huruf D. Huruf B artinya Birth dan D artinya Death. Tapi diantara huruf B dan D, ada huruf C yang artinya Choice. Hidup selalu menawarkan pilihan”.  (Maria, hlmn 198).  Setiap tokoh dalam cerita ini pada akhirnya akan memutuskan untuk memilih pilihan terbaik dalam hidup mereka. Kadang pilihan itu adalah pilihan yang sulit, pilihan yang tidak mereka inginkan karena paksaan dari lingkungan. Namun, sejatinya pilihan itu tetap akan mengantarkan pada kebahagiaan walaupun dengan jalan yang berbeda. (Rin)






You Might Also Like

0 komentar